kesehatan mental

Contoh perilaku orang yang memiliki kesehatan mental yang baik :
1. Merasa nyaman dengan dirinya sendiri :
Seseorang yang merasa nyaman dengan keadaan dirinya, tidak akan memiliki rasa rendah diri, ia akan mnerima keadaan dirinya tanpa merasa malu atau menghindar dengan oranglain.
Contoh : seorang pelajar yang memiliki postur tubuh yang tidak lebih tinggi dari teman-teman usia sebayanya, meski demikian ia tetap merasa nyaman dengan dirinya dan menerima keadaan fisiknya, sehingga ia mudah bergaul dengan siapa saja, hal itu membuatnya memiliki rasa percaya diri yang tinggi, sehingga ia tidak terissolir dari teman-teman sebayanya.
2. Punya spontanitas dan emosionalitas yang tepat :
Mampu menjalin relasi erat kuat dan lama seperti persahabatan komunikasi sosial dan relasi cinta. Dapat mengontrol diri sendiri penuh tenggang rasa terhadap pengalaman orang lain, dapat tertawa dan bergembira secara bebas dan mampu menghayati penderitaan dan kedukaan tanpa lupa diri.
Contoh : Ada seorang pebisnis yang handal, ia mampu berkomunikasi dengan relasinya dengan baik. Pada saat ia untung besar, wajar bila emosinya tetap stabil. Namun ada kalanya pada saat bisnisnya kurang beruntung banyak orang tidak bisa mengontrol emosinya, akan tetapi dia dapat tetap mengontrol emosinya dengan selalu ramah dengan relasinya mapun dengan karyawannya, karena ia mempunyai kesehatan mental yang baik dan selalu dapat menempatkan emosinya dengan tepat.

Contoh perilaku orang yang memiliki gangguan kesehatan mental :
1. Trauma : adalah luka jiwa yang di alami seseorang yang di sebabkan oleh suatu pengalaman yang sangat menyedihkan atau yang melukai jiwanya, sehingga pengalaman tersebut membuat hidupnya berubah secara radikal.
Contoh : Seorang mahasiswa sedang mengendarai sepeda motornya dengan sangat kencang, sehingga pada suatu belokan ia menabrak sebuah truk besar pengangkut balok-balok kayu, tanganya patah, motornyarusak, ia di larikanke rumah sakit, kemudian saat ia sembuh, ia menjadi selalu teringat peristiwa kecelakaan yang dialaminya,dan setiap ia melihat truk besar pengangkut balok-balok kayu ia dihinggapi perasaan takut yang sangat.
2. Agresi : ialah kemarahan yang meluap-luap, dan orang melakukan serangan secara kasar, dengan tidak wajar,disebabkan reaksi terhadap frustasi, berupa serangan, tingkah laku bermusuhan terhadap orangataubenda.
Contoh : seseorang yang frustasi karena di tinggalkan kekasihnya menikah dengan orang lain, yang mana orang lain tersebut adalah musuh baginya, kemudian ia melakukan serangan membabi buta pada saat pesta pernikahan kekasihnya digelar. Karena rasakecewa yang dalam ia melampiaskan amarahnya dengan agresinya.

Contoh keseimbangan mental yang berpengaruh pada kecerdasan :
1. seorang siswa yang memiliki kecerdasan intelejensi yang tinggi dan memiliki
keseimbangan dengan kesehatan mental yang baik. Pada saat ia mendapatkan nilai ulangan yang bagus, ia tidak terlena dengan prestasinya tersebut, ia dapat menguasai emosinya untuk tidak tinggi hati. Sewaktu ia mendapatkan nilai yang tidak memuaskan ia tidak berkecil hati dan putus asa, akan tetapi sebaliknya ia dapat mengontrol emosinya untuk tidak terpuruk dan menyerah. Ia semakin berusaha untuk menutupi kegagalannya, dengan lebih meningkatkan belajarnya.
2. Keseimbangan mental yang berpengaruh pada kecerdasan adalah pada saat seseorang dihadapkan pada suatu persoalan hidup yang berat. Artinya seberat apapun persoalan yang sedang dihadapi ia berusaha untuk menyelesaikannya dengan bijak. Dengan selalu bepikir positif dan menjaga emosinya. Seorang salesman sandal/ sepatu disuruh memasarkan produknya ketempat dimana komunitas orangnya masih jarang memakai sepatu. Jika pikiran negatif yang keluar ia akan berpikir susah untuk memasarkannya. Karena tidak ada orang yang akan memakai sepatu. Tapi karena ia punya keseimbangan mental yang baik maka kecerdasan berpikirnya timbul dengan berpikir positif, ia mengatakan: “Hebat..!! ini peluang yang luar biasa, jika saya berusaha untuk meyakinkan mereka bahwa sepatu itu bermanfaat bagi mereka mereka pasti akan tertarik dan mau membeli sepatu saya. sepatu yang saya pasarkan pasti akan laku dengan keras, laku banyak karena di daerah ini belum ada yang memakai ataupun menjual sepatu.”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: